By   October 2, 2018

Tanamanobatherbal.org,- Referensi situs berbagai tanaman obat herbal paling lengkap.


Tanaman Obat Herbal Untuk Faringitis Paling Ampuh

Anda mengalami sakit pada tenggorokan yang parah dan sakit saat menelan? Waspadai itu adalah gejala penyakit faringitis!!

Apa itu Faringitis?

Faringitis didefinisikan sebagai infeksi atau peradangan pada faring atau tenggorokan – area antara amandel dan laring (kotak suara). Kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit pada area serta kesulitan menelan adalah tanda dari penyakit ini.

Faring terhubung ke mulut, hidung, kerongkongan, laring dan telinga. Dekat juga dengan amandel (di belakang faring) dan kelenjar gondok (lebih tinggi di bagian hidung faring). Sering kali faringitis juga menyerang organ ini.

Faringitis biasanya menimbulkan gejala pertama penyakit ringan seperti pilek atau flu. Namun, itu juga bisa menjadi indikasi kondisi yang lebih serius seperti radang tenggorokan atau demam berdarah.

Bagaimana Faringitis Bisa Menyerang Tenggorokan?

Faringitis sering dikaitkan oleh bakteri dan virus. Kedua penyebab ini seringkali menyerang saat kondisi kekebalan tubuh menurun sehingga dengan mudah mengakibatkan peradangan pada bagian tenggorokan.

  • Virus dan bakteri yang menyebabkan sebagian besar faringitis, antara lain :
  • Paling umum, virus yang menyebabkan pilek bertanggung jawab untuk radang tenggorokan.
  • Mononukleosis infeksiosa (mono) adalah salah satu infeksi virus yang sangat umum yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan parah dan radang amandel.
  • Infeksi virus lain yang dapat menyebabkan faringitis termasuk influenza (flu), campak dan cacar air.
  • Penyebab bakteri yang paling umum dari faringitis adalah bakteri streptococcus, yang menyebabkan radang tenggorokan serius.

Faktor penyebab lain yang dapat memperburuk faringitis :

  • Faringitis yang berlangsung cukup lama (faringitis kronis) dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan, sinus yang menyebar ke tenggorokan.
  • Merokok, mengkonsumsi alkohol berlebihan, menghirup asap kimia, polusi udara, atau menelan zat yang mengiritasi atau merusak lapisan tenggorokan juga dapat menyebabkan faringitis.
  • Menghirup melalui mulut dapat membuat tenggorokan kering dan sakit. Tinggal di lingkungan yang kering atau berdebu dan menghirup udara yang sangat kering dapat menyebabkan kekakuan dan rasa sakit.
  • Terlalu sering menggunakan suara dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak.
  • Drainase sinus dapat menyebabkan faringitis.
  • Meski jarang terjadi, sakit tenggorokan mungkin disebabkan oleh pertumbuhan kanker di tenggorokan atau mulut.

Bagaimana Mengetahui Jika Terkena Faringitis?

Peradangan faring menyebabkannya memerah dan membengkak. Kondisi ini ditandai dengan sensasi kering, gatal atau sakit di belakang tenggorokan, dan rasa sakit terutama ketika menelan.

Gejala lain dari penyakit ini termasuk :

  • Bersin dan batuk.
  • Suara serak.
  • Hidung berair.
  • Demam ringan.
  • Kelelahan atau tubuh terasa sakit.
  • Nafas yang menyakitkan dan berbicara.
  • Amandel atau kelenjar getah bening bengkak.

Apakah Faringitis Dapat Menimbulkan Komplikasi Berbahaya?

  • Jika tidak segera ditangani, Penderita akan mengalami demam reumatik yang dapat mengganggu katup jantung.
  • Gangguan ginjal atau glomerulonephritis.
  • Abses pada tonsil atau jaringan lain pada tenggorokan.

Pencegahan Dini Penyakit Faringitis

  • Jika Anda rentan sakit tenggorokan, cobalah mengganti sikat gigi Anda setiap bulan. Juga membuang sikat gigi lama Anda setelah sembuh dari sakit tenggorokan agar tidak menularkan kembali diri Anda.
  • Cobalah untuk tidak berbagi peralatan makan dan minum dengan orang lain.
  • Ketika menggunakan telepon umum atau keran air, cobalah untuk tidak menyentuhnya dengan hidung atau mulut Anda.
  • Jangan berhubungan dekat dengan seseorang yang sakit tenggorokan.
  • Jika Anda tinggal di lingkungan yang tercemar, cobalah untuk tinggal di dalam rumah sebanyak mungkin pada hari-hari ketika polusi sangat buruk.
  • Hindari mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.
  • Hindari area-area dimana ada banyak asap rokok.
  • Jika udara sangat kering, cobalah melembabkan rumah Anda.
  • Bangun pertahanan alami tubuh Anda : kurangi tingkat stres dan banyak beristirahat. Ini dapat membantu Anda untuk menghindari infeksi seperti radang tenggorokan.

Namun, jika Anda terserang penyakit faringitis. Dibawah ini adalah tanaman obat untuk faringitis yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses pengobatan penyakit Anda.

Tanaman Obat Herbal Untuk Faringitis Paling Ampuh


Akar Marshmallow.

Tanaman marshmallow telah digunakan untuk mengobati faringitis atau sakit tenggorokan sejak jaman dahulu. Akar yang memiliki manfaat dalam pengobatan faringitis mengandung zat seperti gelatin yang dikenal sebagai lendir, yang mampu melapisi dan melumasi tenggorokan. Sehingga menurunkan gejala seperti sakit pada tenggorokan dan nyeri saat menelan.

Cuka Sari Apel.

Cuka sari apel adalah tonik kesehatan alami yang populer dengan sifat antiviral, antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengobati faringitis. Selain itu juga, bahan aktif utamanya seperti : asam asetat, mampu membantu melawan bakteri.

Madu.

Madu adalah pemanis yang lezat yang sering digunakan dalam kombinasi dengan bahan alami lainnya untuk meredakan faringitis. Madu dapat membantu melawan infeksi, memberikan pereda nyeri serta mempercepat proses penyembuhan. Itu karena sifat antiviral, antibakteri dan antijamur didalamnya.

Didukung dengan penelitian, menegaskan bahwa madu bekerja lebih baik untuk infeksi saluran pernapasan atas dibandingkan dengan obat-obatan yang dijual bebas.

Akar Licorice.

Licorice memiliki kualitas seperti aspirin dan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan saat berkumur atau dikonsumsi sebagai teh. Penelitian pada individu yang baru saja menjalani operasi besar menemukan bahwa licorice secara signifikan mengurangi rasa sakit tenggorokan karena penghapusan tabung pernapasan.

Air Lemon.

Air jeruk nipis adalah minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. lemon juga meningkatkan jumlah air liur yang Anda hasilkan, sehingga dapat membantu menjaga selaput lendir Anda tetap lembab.

Jahe.

Jahe adalah rempah-rempah dengan efek anti-inflamasi yang yang membantu mengurangi pembengkakan pada faring dan meredakan sakit tenggorokan.

Satu studi menemukan bahwa ketika ekstrak jahe diterapkan pada penyeka tenggorokan dari orang-orang dengan infeksi saluran pernapasan bakteri, itu akan membantu mengobati infeksi dengan membunuh virus dan bakteri.

Minyak Kelapa.

Minyak kelapa adalah salah satu solusi serbaguna dengan beberapa manfaat untuk kesehatan. Minyak kelapa sangat menenangkan di tenggorokan, karena memiliki efek anti-radang dan dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Selain itu, sebagai obat herbal faringitis, ini juga sangat menenangkan karena membantu melumasi selaput lendir di tenggorokan. Ambil hingga 2 sendok makan (30 ml) per hari saja atau dalam minuman hangat.

Peppermint.

Peppermint atau daun mint ini adalah obat faringitis herbal paling ampuh. Ini karena memiliki mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan pada tenggorokan.

Cabe Rawit.

Cabai rawit adalah obat faringitis rumahan yang efektif dan populer lainnya. Senyawa yang dikenal sebagai capsaicin dalam cabai rawit bertindak sebagai agen anti-inflamasi, antivirus dan antibakteri. senyawa alami ini berfungsi mengurangi rasa sakit dan bengkak, dan bahkan dapat membantu melawan infeksi.

Bawang Putih.

Sebagai obat alami faringitis yang terakhir, bawang putih adalah obat rumahan lain yang sangat baik untuk faringitis, berkat sifat anti-inflamasi, antivirus, antibakteri dan antijamur yang dimilikinya. Tidak hanya disitu, senyawa alicin aktifnya sangat baik dalam membunuh bakteri.

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba… 🙂

Sumber :

www.top10homeremedies.com

www.medicalnewstoday.com

Post by Tanaman Obat Herbal

Tanaman Obat Herbal Untuk Faringitis Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *