By   April 2, 2018

Tanamanobatherbal.org ,- Referensi situs berbagai tanaman obat herbal paling lengkap.


Pengobatan Penyakit Pankreatitis Akut Dengan Cara Alami

Pengobatan Penyakit Pankreatitis Akut Dengan Cara Alami – Peradangan pankreas yang disebabkan oleh pelepasan enzim pankreas ke dalam jaringan pankreas, yang menyebabkan perdarahan dan nekrosis. Pankreas adalah kelenjar yang terletak di bagian atas perut. Pankreas memainkan peran penting dalam memproduksi enzim yang mendukung pencernaan dan hormon merangsang prosesi gula dalam tubuh Anda.

Setelah pangkreas mengalami peradangan, kondisi dapat berkembang menjadi pembengkakan kelenjar dan pembuluh darah di sekitarnya menjadi terganggu, perdarahan, infeksi, dan kerusakan pada kelenjar. Jika kerusakan ini berlanjut, kelenjar mungkin tidak dapat melakukan fungsinya dengan normal. Hal ini tentunya akan semakin membahayakan serta menimbulkan komplikasi berbahaya dan bahkan mengancam jiwa.

Pankreatitis ada 2 macam, yaitu : akut (jangka pendek) atau kronis (jangka panjang). Baik jenis akut maupun kronis memerlukan penanganan yang tepat dan benar.

Penyebab paling umum dari penyakit ini adalah batu empedu dan konsumsi minuman beralkohol. Meski begitu, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan pankreatitis akut, di antaranya :

  • Efek samping dari obat-obatan.
  • Pernah menjalani operasi pada bagian perut.
  • Adanya kelainan pada usus dan pankreas.
  • Memiliki kadar kalsium di dalam darah yang tinggi.
  • Obstruksi atau pembentukan goresan pada pankreas, kanker, dan infeksi pankreas.
  • Kondisi medis tertentu seperti kelainan autoimun serta penyakit fibrosis kistik.

Gejala yang paling umum dari pankreatitis akut atau nyeri pankreas adalah sakit perut. Hampir semua orang dengan pankreatitis akut mengalami sakit perut. Selain rasa sakit pada bagian perut, penderita mungkin memiliki gejala dan tanda lainnya :

  • Mual dan muntah.
  • Demam dan menggigil.
  • Perut bengkak.
  • Nyerinya menyebar hingga ke punggung.
  • Detak jantung yang cepat (Detak jantung yang cepat mungkin karena rasa sakit dan demam, dehidrasi karena muntah dan tidak makan, atau mungkin mekanisme kompensasi jika seseorang mengalami pendarahan internal).

Ketika gejala diatas muncul, segeralah melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan pengobatan yang baik dan benar. Meski penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan bahkan mengancam jiwa seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Pencegahan sedini mungkin dan pengobatan yang baik dan benar akan membantu Anda dalam proses penyembuhan. Dan berikut ini adalah rekomendasi pengobatan alami pankreatitis dari tanaman herbal yang dapat Anda coba di rumah.

Pengobatan Penyakit Pankreatitis Akut Dengan Cara Alami

Buah bit.

Bit efektif dalam mengobati pankreatitis dan menghilangkan rasa sakitnya. Oleh karena itu, bit termasuk dalam daftar pengobatan rumah untuk penyakit pankreatitis sebab memiliki zat gizi betain. Senyawa ini membuat tubuh Anda sehat dan menghidrasi pankreas. Konsumsi bit dapat mempertahankan fungsi normal pankreas dengan mendetoksifikasi pankreas. Serta membantu menurunkan rasa sakit akibat gejala yang ditimbulkan.

Aloe Vera.

Selain buah bit, lidah buaya juga salah satu pengobatan yang baik untuk pankreatitis. Aloe vera telah digunakan untuk mengobati banyak masalah dan kondisi kesehatan karena kekuatan penyembuhannya. Aloe vera mengandung efek detoksifikasi dan anti-inflamasi.

Penggunaan lidah buaya dapat menurunkan gejala dan rasa sakit pankreatitis. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi kelelahan dan kelesuan. Dan yang terpenting adalah mengatasi peradangan yang terjadi.

Bayam.

Bayam mengandung sifat antioksidan yang membuat sayuran hijau ini menjadi salah satu obat pangkreatitis akut yang efektif untuk meredakan nyeri dan gejala pankreatitis. Konsumsi bayam bermanfaat dalam menghilangkan radikal bebas dan mencegah pankreatitis/peradangan. Vitamin B dan zat besi dalam bayam memperbaiki pankreas dan memperbaiki fungsinya.

Kedelai.

Kedelai banyak mengandung protein, isoflavon, asam lemak omega 3, dan asam amino esensial. Makan kedelai membantu melepaskan gula secara bertahap dan perlahan. Oleh karena itu, konsumsi kedelai secara teratur dapat mengatur tingkat gula dalam darah Anda yang menjadi salah satu penyebab dari pankreatitis.

Dandelion.

Dandelion adalah obat herbal penyembuhan yang terkenal untuk berbagai masalah kesehatan. Tumbuhan ini mengandung taraxacin yang berfungsi sebagai tonik yang sangat baik untuk perut, hati dan pankreas. Berfungsi untuk mendetoksifikasi dan menghilangkan limbah berbahaya di dalam darah dan hati.

Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan pencernaan Anda. Dengan meningkatkan pelepasan empedu, dandelion dapat menyembuhkan pankreas yang rusak dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh pankreatitis. Bahkan menurut beberapa studi ilmiah, dandelion bermanfaat dalam merangsang aktivitas pankreas.

Kunyit.

kunyit adalah salah satu obat herbal pangkreatitis yang efektif untuk menurunkan nyeri dan gejala yang ditimbulkan. Curcumin dalam kunyit, minyak yang mudah menguap, dapat bekerja secara efektif sebagai obat NSAID . Menurut beberapa studi klinis, kunyit mengandung khasiat obat yang dapat mencegah pankreatitis akut dan kronis.

Kunyit juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. vitamin C efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Oleh karena itu, penggunaan kunyit secara teratur dapat membantu meringankan kerusakan yang disebabkan oleh pankreatitis.

Minyak Zaitun.

Minyak Zaitun merupakan pilihan obat alami pangkreatitis yang aman dan tanpa efek samping. Minyak zaitun mengandung flavonoid yang dapat melindungi pankreas dari kerusakan. Karena sifat analgesik dan anti-inflamasi dari minyak zaitun, minyak goreng ini dapat bekerja untuk peradangan dan rasa sakit luar biasa yang disebabkan oleh pankreatitis.

Licorice.

Akar licorice adalah obat herbal Cina yang kuat untuk berbagai gangguan kesehatan dan penyakit, termasuk sebagai obat tradisional pankreatitis. Deglycyrrhizinated licorice (DGL, senyawa bioaktif dalam licorice, berkontribusi pada efektivitas akar licorice dalam menyembuhkan pankreatitis.

Licorice dianggap sebagai tonik hebat untuk perut, hati, dan pankreatitis Anda. Triterpen termasuk glycyrrhizin dan asam glycyrrhetic (GA) yang ditemukan dalam licorice dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh pankreatitis.

Jahe.

Jahe adalah obat herbal penyembuhan untuk berbagai gangguan dan penyakit, termasuk flu, sakit tenggorokan, dan pankreatitis. Anda dapat menggunakannya sebagai obat pankreatitis akut yang luar biasa untuk nyeri dan gejala pankreatitis. Untuk mendapatkan bantuan yang signifikan dari pankreatitis, Anda hanya perlu mengunyah irisan jahe segar dua kali sehari. Jahe efektif dalam menyembuhkan peradangan pankreas jika dikonsumsi setiap hari.

Bawang putih.

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mencegah kanker pankreas. Bawang putih penuh dengan nutrisi bermanfaat seperti arginin, sulfur, flavonoid, oligosakari, dan selenium yang dapat mengobati masalah pankreas.

Pankreatitis yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi berat, termasuk diabetes. Bawang putih membantu menghindari komplikasi berbahaya karena mengandung sifat penurun lipid dan anti-hiperglikemik. Bawang putih dapat mengatur kadar gula dalam darah Anda dan meningkatkan produksi insulin pada saat yang bersamaan.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Sumber : http://vkool.com/home-remedies-for-pancreatitis.

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat Alpukat Dalam Mengatasi Ambeien

Manfaat Kunyit Untuk Penyakit Radang Paru Paru

Post by Tanaman Obat Herbal

Pengobatan Penyakit Pankreatitis Akut Dengan Cara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *