By   January 18, 2018

Tanamanobatherbal.org ,- Referensi situs berbagai tanaman obat herbal paling lengkap


8 Tanaman Herbal Untuk Radang Paru Paru

Baiklah sebelum kami memberitahukan tentang 8 Tanaman Herbal Untuk Radang Paru Paru, Ada baiknya bila kita mengenal terlebih dahulu tentang penyakit radang paru paru.

Radang paru paru
Radang paru paru (Pneumonia) merupakan kondisi yang terjadi akibat masalah penyakit paru-paru yang sudah terjadi, dimana terjadi infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

Radang paru paru menyebabkan peradangan di kantung udara mikroskopik atau yang lebih dikenal sebagai alveolus. Ketika kondisi tersebut terjadi alveolus dipenuhi oleh cairan yang terinfeksi sehingga mengurangi kapasitas paru-paru dan persediaan oksigen. Sehingga menyebabkan masalah pada saluran pernafasan terutama paru-paru.

Perlu Anda ketahui bahwa radang paru paru bisa terjadu pada anak anak, orang dewasa dan orang lanjut usia. Membiarkan kondisi ini berlanjut akan mengakibatkan masalah yang lebih parah dan bahkan sampai mengancam jiwa.

Penyebab radang paru paru
Bakteri, virus, dan infeksi jamur dapat menyebabkan pneumonia. Infeksi ini menyebabkan radang di kantung udara, atau alveoli, paru-paru. Peradangan ini menyebabkan kantung udara terisi dengan cairan dan nanah.

  • Bakteri – Banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan bakteri pneumonia. Streptococcus pneumoniae atau bakteri pneumococcus adalah penyebab paling umum pneumonia bakteri di Amerika Serikat.
  • Virus – Virus influenza atau flu adalah penyebab paling umum pneumonia virus pada orang dewasa. Respiratory syncytial virus (RSV) adalah penyebab paling umum pneumonia virus pada anak-anak di bawah satu tahun. Virus lain dapat menyebabkan pneumonia seperti virus flu biasa yang dikenal dengan rhinovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan human metapneumovirus (HMPV).
  • Jamur – Pneumocystis pneumonia adalah infeksi jamur serius yang disebabkan oleh Pneumocystis jirovecii . Ini terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah karena HIV / AIDS atau penggunaan obat-obatan jangka panjang yang menekan sistem kekebalan tubuh

Gejala radang paru paru
Sejak tahap awal sebenarnya radang paru-paru sudah mengembangkan berbagai jenis gejala. Berikut ini adalah berbagai ciri-ciri radang paru-paru, antara lain :

  • Demam tinggi.
  • Batuk dengan dahak (zat berlendir).
  • Nafas menjadi pendek dan berbunyi.
  • Sakit dada saat bernafas atau batuk.
  • Mual (sakit perut), muntah, dan diare.

Komplikasi radang paru paru
Bakteri dan virus yang menyebabkan radang paru-paru bisa masuk ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan infeksi menyebar ke semua bagian tubuh. Kondisi ini berpotensi fatal karena dari beberapa kasus yang terjadi menyebabkan kematian bagi penderitnya.

Selain itu juga, berbagai bahaya juga akan muncul seiring dengan berkembangnya penyakit radang paru paru tersebut. Penumpukan cairan di paru-paru yang akan menyebabkan paru-paru tidak berfungsi dengan baik, dan tentunya kesulitan bernafas bisa terjadi pada penderita radang paru-paru.

Pengobatan radang paru paru dengan tanaman herbal
Pengobatan radang paru paru tergantung pada jenis pneumonia terjadi, kuman yang menyebabkan infeksi dan seberapa parah pneumonia yang derita. Kebanyakan orang yang menderita pneumonia melakukan perawatan yang intrensif di rumah sakit.

Selain dengan melakukan perawatan yang intensif dirumah sakit yang dapat memerlukan biaya yang cukup mahal, Anda juga dapat menggunakan tanaman obat herbal karena ramuan herbal selain tidak perlu membayar mahal, ramuan herbal juga pastinya aman dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Berikut adalah 8 Tanaman Obat Radang Paru Paru yang Anda jadikan pilihan sebagai obat herbal radang paru paru, antara lain :

Bawang putih.

Bawang putih adalah ramuan antimikroba yang sangat efektif yang dapat secara efisien melawan bakteri, jamur, virus dan parasit. Senyawa allicin dalam bawang putih menjadikannya sebagai anti bakteri dan anti virus yang sangat baik sebagai perlindungan dan membantu melawan bakteri, jamur, virus dan parasit. Hal ini yang menjadikan bawang putih dipilih sebagai salah satu ramuan yang baik dalam proses penyembuhan dan pencegahan dari penyakit radang paru paru.

Goldenseal.

Ramuan goldenseal memiliki sifat antibiotik, anti-inflamasi dan astringent yang sangat baik. Hal iini karena goldenseal berisi berberin yang merupakan bahan kimia tanaman antimikroba. Sehingga membantu dalam menenangkan otot-otot tenggorokan yang ditimbulkan dari penyakit ini, mencegah dari kondisi yang lebih lanjut/parah, serta mengurangi demam dan memberikan kelegaan dari kelebihan lendir yang ditimbulkan dari gejala radang paru paru.

Kunyit.

Kunyit memiliki beberapa khasiat obat dan banyak digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. Selain itu, obat ini membantu melawan pneumonia. Ramuan obat ini juga berfungsi sebagai mucolytic untuk mengeluarkan lendir dari tubuh, terutama dari saluran pernafasan. Plus, Kunyit memiliki khasiat antivirus dan antibakteri yang membantu dalam memerangi infeksi yang terjadi pada paru paru.

Eucalyptus.

Eucalyptus Eucalyptus menakjubkan saat membuka saluran udara dan merupakan salah satu minyak esensial terbaik yang digunakan untuk radang paru paru dan asma. Sebagian besar minyak esensial memiliki sifat antibiotik dengan membantu mengurangi kemacetan dan juga membantu menghilangkan batuk lendir serta melawan mikroba.

Fenugreek.

Fenugreek adalah ramuan dengan sifat mucolytic yang menakjubkan. Bahwa Fenugreek akan menghilangkan lendir tebal untuk membersihkan saluran napas. Serta meningkatkan keringat yang akan mendetoksifikasi tubuh dan menyingkirkan demam.

Cabe rawit.

Cabe rawit digunakan untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh, Ini adalah antijamur ampuh dan antispasmodik. Karena sifatnya yang panas dan pedas, juga bermanfaat bagi saluran pernafasan dan bisa membantu menyingkirkan lendir dan penumpukan lendir.

Licorice.

Akar licorice adalah ramuan antivirus multifaset yang digunakan untuk berbagai virus, termasuk pneumonia dan virus biasa (pilek). Licorice juga dapat menghambat replikasi virus, licorice juga bisa merangsang respon sistem kekebalan tubuh untuk membunuh virus secara lebih efektif.

Biji wijen.

Biji wijen mengandung magnesium yang membantu dalam kejang saluran napas yang terjadi selama radang paru paru, yang selanjutnya mengurangi nyeri dada yang diakibatkan dari gejala radang paru paru tersebut.

Dandelion.

Dandelion mengandung sifat anti-inflamasi dan antibiotik yang menjadikannya obat alami yang efektif untuk radang paru paru. Selain mengurangi peradangan dan rasa sakit, juga melawan kuman yang menyebabkan pneumonia.

Daftar diatas adalah referensi dari kami sebagai salah satu situs resmi yang yang memberikan pilihan kepada Anda untuk mengambil langkah alternatif dalam mengatasi penyakit yang menyerang tubuh seperti halnya radang paru paru ini.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Post by Tanaman Obat Herbal

8 Tanaman Herbal Untuk Radang Paru Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *