By   June 2, 2018

Tanamanobatherbal.org,- Referensi situs berbagai tanaman obat herbal paling lengkap.


Apakah Benar Berenang Bisa Menyembuhkan Syaraf Kejepit?

Apakah Berenang Bisa Menyembuhkan Syaraf Kejepit –¬†Tahukah Anda? bahwa berenang merupakan olahraga yang bisa menjadi bagian dari alternatif pengobatan Anda untuk mengatasi saraf kejepit? Dilansir dari Livestrong, berenang merupakan jenis latihan yang dapat digunakan membantu tetap aktif tanpa memperparah rasa sakit pada penderita saraf kejepit.

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang manfaat berenang untuk syaraf kejepit, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang syaraf kejepit itu sendiri…

Apa itu Syaraf kejepit?

Saraf kejepit merupakan kondisi yang diakibatkan oleh gangguan saraf yang menyebabkan penonjolan lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang dari ruas antar tulang. Tonjolan tersebut dapat menekan saraf dan menyebabkan nyeri yang luar biasa hebat. Ketika kondisi itu terjadi maka akibatnya timbul rasa sakit, kesemutan dan kelemahan pada anggota gerak dipersarafi, baik itu punggung, pinggang lengan atau tungkai.

Seperti halnya nyeri punggung bawah, 90 persen kasus saraf kejepit terjadi di daerah punggung bawah atau HNP lumbalis. Secara umum, saraf kejepit dapat membaik dalam hitungan hari hingga minggu. Namun, jika gejala yang dialami tidak kunjung reda, sebaiknya segera lakukan pengobatan ke dokter maupun terapis untuk membantu mencegah komplikasi berbahaya dan mengatasi syaraf kejepit itu sendiri.

Baca juga : Obat Alami Syaraf Kejepit

Lalu, bagaimana berenang dapat mengatasi saraf kejepit?

Berenang sering direkomendasikan oleh dokter dan ahli terapi fisik sebagai terapi bagi penderita saraf kejepit. Biasanya, di fase awal menderita penyakit ini, Anda mungkin tidak bisa melakukan hal lain selain berbaring di tempat tidur. Namun, bed rest berlebihan ternyata justru melemahkan otot Anda dan membuat sendi menegang.

Mengapung di air bisa mengurangi beban Anda ketika ingin bergerak. Dibandingkan dengan hanya berbaring di kasur, mengambang di kolam membuat punggung lebih santai. Jadi kalau Anda memiliki akses ke kolam renang, ada baiknya Anda mencoba hal ini.

Ketika Anda berada di dalam air, berat badan Anda akan terasa lebih berkurang sehingga mampu mengurangi beban tubuh ketika bergerak. Selain sebagai terapi fisik, berenang juga mampu menguatkan otot tulang belakang serta menguatkan bantalan yang cedera. Berenang tidak menyebabkan bantalan yang cedera terkena benturan ataupun tekanan sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat saraf terjepit.

Situs Mayo Clinic merekomendasikan untuk membatasi waktu Anda di tempat tidur sampai tidak lebih dari 30 menit setiap kalinya. Anda bisa mengonsultasikan pada dokter dan terapis mengenai berapa lama waktu yang dianjurkan untuk melakukan latihan ini.

Pilihan terapi tersebut bisa juga secara kombinasi misalnya berenang dengan minum obat atau senam dengan minum obat, dan kombinasi yang lainnya…

Berenang selalu menjadi pilihan pertama karena memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya :

  • Bisa dilakukan sendiri.
  • Tidak terasa atau terlampau nyeri dibandingkan melakukan gerakan di darat.
  • Dapat lebih leluasa melakukan berbagai gerakan karena dibantu oleh daya apung air untuk melawan gravitasi.
  • Air memiliki kemampuan dan keajaiban meremas, memijat, menahan, mendorong dan menarik, sesuai dengan keinginan kita melalui gerakan yang kita lakukan dan kendalikan sendiri.
  • Di air kita bisa melakukan gerakan secara lebih bebas dan kearah manapun.
  • Di air kita bisa menggerakkan semua otot tubuh mulai dari kaki hingga leher.

Rekomendasi Pengobatan

Bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar cara alami untuk mengobatu penyakit syaraf kejepit sampai tuntas dan aman tanpa efek samping. Silahkan Anda kunjungi => Obat Herbal Syaraf Kejepit

Semoga informasi dari kami ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih

Post by Tanaman Obat Herbal

Apakah Benar Berenang Bisa Menyembuhkan Syaraf Kejepit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *