By   April 23, 2018

Tanamanobatherbal.org,- Referensi situs berbagai tanaman obat herbal paling lengkap.


7 Tanaman Obat Untuk Radang Usus Besar Paling Ampuh

Baiklah sebelum kita membahas tentang pengobatan alami dari penyakit radang usus besar ini. Alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang radang usus besar. Mari kita simak selengkapnya…

Radang Usus Besar
Radang usus besar merupakan suatu kondisi dimana seluruh lapisan usus besar mengalami inflamasi atau peradangan. Penyakit ini termasuk peradangan kronis, dimana bisa menimbulkan tumbuhnya bisul dalam usus atau mungkin membuat usus terluka.

Radang usus seringkali dikaitkan dengan usus buntu atau inflammatory bowel disease (IBD). Namun ketika peradangan secara spesifik hanya menyerang usus besar, kondisi ini disebut dengan pancolitis.

Dikutip dari Healthline, pancolitis tidak memiliki penyebab pasti. Penyebab paling umum dari peradangan usus besar adalah kolitis ulseratif, namun juga bisa disebabkan oleh infeksi C. difficile.

Selain itu, kondisi ini seringkali dikaitkan dengan gangguan peradangan umum seperti rheumatoid arthritis. Meskipun ada banyak penyebab lainnya termasuk infeksi, suplai darah yang buruk (iskemia), dan reaksi autoimun.

Apa saja gejala dari radang usus besar ?

Gejala radang usus besar akan tergantung pada jenis radang usus yang dimiliki seseorang, tetapi secara umum, radang usus besar paling sering dikaitkan dengan nyeri perut dan diare. Terdapat gejala lain dari radang usus besar yang mungkin akan Anda alami, antara lain :

  • Mengalami Demam Tinggi.
  • Wajah menjadi terlihat pucat.
  • Perut terasa sakit dan nyeri saat BAB.
  • Sering Membuang Gas dan Perut terasa kembung.
  • Organ hati menjadi membesar dan mengalami kram perut.
  • Saat BAB keluar bersama dengan lendir dan darah dari bagian anus.
  • Terjadi pendarahan di Rektum karena ada tekanan di usus dan lambung.

Apakah penyakit radang usus besar berbahaya ?

Dikutip dari halosehat.com, Jika kondisi radang usus besar tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan benar, tentunya akan menimbulkan kondisi berbahaya. Berikut ini adalah komplikasi yang akan terjadi :

  • Tukak – Tukak merupakan suatu peradangan yang dapat dibilang kronis. Tukak biasanya menyerang pada bagian usus halus, mulut dan anus.
  • Fistula – Komplikasi ini tentu terjadi karena tukak yang terus membentuk lubang pada dinding pencernaan sehinga menyebabkan penyakit fistula ini.
  • Fisura ani – Beda halnya dengan fisura ani, fisura ani adalah komplikasi yang diakibatkan karena radang usus halus dimana usus halus itu membuat luka robek pada bagian jaringan i dinding anus. Justru hal ini yang menyebabkan keluar darah pada saat buang air besar.
  • Kanker usus besar – Hal ini sangat sering disebut dengan kolon. Untuk itu jika hal ini mulai dirasakan dan terjadi segeralah melakukan prosedur kolonoskopi dengan sering, karena jika sudah sering usus akan kembali sehat.
  • Obstruksi usus – Hal ini menjadi penyebab dari tertutupnya saluran hasil dari pencernaan makanan. Obstruksi usus ini tidak boleh sampai terangkat.
  • Malnutrisi – Malnutrisi merpakan penyakit yang diakibatkan karena tubuh tidak mampu meneyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mal nutrisi ini ditandai dengan gejala mual dan baterai sehingga tidak akan sakit ketika berada di jalan nantinya.

Pengobatan untuk radang usus besar.

Pilihan pengobatan untuk radang usus besar termasuk pengendalian gizi, dukungan emosional dan operasi. Tujuan utama dari pengobatan adalah untuk meringankan gejala-gejala pada penderitanya dan jika berhasil, untuk mencegah agar tidak kambuh dan sembuh secara total.

Salah satu rekomendasi dari kami yakni dengan menggunakan ramuan herbal berkhasiat. Kenapa herbal dipilih? Selain memiliki khasiat yang luar biasa dan telah digunakan sejak dulu, herbal juga aman tanpa efek samping. Berikut adalah tanaman obat radang usus besar yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan pengobatan, antara lain :

Minyak zaitun.

Minyak zaitun menjadi salah satu pengobatan alami radang usus besar dari kondisi ringan sampai sedang. Herbal ini kaya akan lemak tak jebuh tunggal dan memiliki sifat imunomodulator dan anti-inflamasi. Dimana senyawa tersebut dapat membantu menurunkan gejala dari penyakit itu serta membantu mengatasi peradangan yang terjadi. Penelitian menunjukan bahwa minyak zaitun juga dapat melindungi terhadap penyakit radang usus besar.

Jahe.

Jahe dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menjadi pilihan obat herbal radang usus besar. Dalam membantu penderita radang usus, ebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa jahe dapat membantu dalam mengelola gejala radang usus, berkat sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya. Lebih jauh lagi, Jahe juga sangat baik digunakan untuk saluran pencernaan yang memiliki gangguan.

Makanan kaya besi.

Makanan yang kaya besi termasuk : kacang hitam, bayam dan lobak. Gejala utama dari radang usus besar adalah anemia, yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat.

Kekurangan zat besi dapat berarti bahwa Anda tidak dapat memproduksi sel darah merah pembawa oksigen yang cukup. Untuk itu, zat besi adalah nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan umum, energi, dan metabolisme yang sehat karena membantu mendukung kesehatan sel secara keseluruhan dan terlibat dalam banyak fungsi enzim.

Makanan kaya folat.

Menurut sebuah publikasi untuk American Association for Cancer Research, suplementasi folat bahkan dapat mengurangi risiko displasia kolorektal dan kanker pada pasien radang usus kronis.

Makanan tinggi folat adalah kacang arab, lentil, asparagus, alpukat, bit dan brokoli. Folat adalah vitamin penting bagi penderita radang usus besar karena membantu tubuh membuat sel-sel baru.

Kunyit.

Salah satu aspek yang paling kuat dari kunyit adalah kemampuannya untuk mengendalikan peradangan. Senyawa anti-inflamasi yang dimiliki kunyit memang dikenal paling efektif dalam mengatasi peradangan. Inilah yang menjadi sebab, kunyit menjadi salah satu pilihan obat radang usus besar.

Benih Psyllium.

Sebagai obat radang usus. Karena kaya serat larut, psyllium bekerja sebagai agen pembentuk massal dan meningkatkan mobilitas usus, sehingga mengurangi gejala radang usus besar seperti diare ringan hingga sedang, yang disebabkan oleh radang usus besar.

Minyak ikan.

Kandungan asam lemak omega-3 dan sifat anti-inflamasi dari minyak ikan membantu meringankan gejala radang usus besar. Asam lemak Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi peradangan pada penderita radang usus.

Para peneliti di Boston University Medical Center menunjukkan bahwa pasien yang menderita gangguan gastrointestinal cenderung memiliki profil asam lemak esensial yang abnormal. Untuk itu, minyak ikan dibutuhkan bagi penderita radang usus besar.

Itulah beberapa pilihan tanaman obat herbal yang dapat Anda jadikan sebagai obat radang usus paling ampuh. Semoga berhasil.

Salam sehat keluarga indonesia 🙂

Sumber :

www.top10homeremedies.com/home-remedies
https://draxe.com/ulcerative-colitis-diet

Post by Tanaman Obat Herbal

7 Tanaman Obat Untuk Radang Usus Besar Paling Ampuh

Baca juga artikel lainnya :

Penyebab Varises Pada Pria Dan Wanita

Manfaat Madu Untuk Atasi Penyakit Paru Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *