By   April 13, 2018

Tanamanobatherbal.org ,- Referensi situs berbagai tanaman obat herbal paling lengkap.


10 Tanaman Herbal Untuk Mengobati Varises Paling Ampuh

10 Tanaman Herbal Untuk Mengobati Varises Paling Ampuh – Varises adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah membesar, bengkak dan menonjol atau memutar serta berwarna ungu kebiruan atau merah. varises terjadi ketika katup di pembuluh darah tidak berfungsi dengan baik, sehingga darah tidak mengalir secara efektif.

Penyakit ini sangat umum terjadi, terutama pada wanita. Meskipun tidak menutup kemungkinan menyerang pria. Sekitar 25% penduduk dunia orang dewasa memiliki varises. Penyakit ini lebih sering muncul di kaki bagian bawah.

Menurut situs metroveincenters.com. Komplikasi varises vena terjadi sebagai akibat dari tekanan yang berkepanjangan atau peningkatan dalam vena yang terkena. Ini merusak pembuluh darah yang lebih kecil serta jaringan sekitarnya. Berikut adalah komplikasi yang bisa terjadi akibat varises, antara lain :

  • Ulkus. – Ulkus adalah luka dalam yang terbentuk sebagai akibat perubahan kulit yang berhubungan dengan varises. Penyakit vena dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih tipis dan lebih rapuh, meningkatkan kemungkinan terjadinya bisul dan infeksi kulit.
  • Berdarah. – Varises yang terbentuk di dekat permukaan kulit kadang-kadang bisa berdarah jika Anda memotong atau menabrak kaki. Pendarahan mungkin sulit dihentikan. Anda harus berbaring, angkat kaki dan berikan tekanan langsung ke luka.
  • Rasa sakit dan kram kaki. – Gejala menyakitkan yang terkait dengan varises dapat tajam atau membosankan, dan cenderung menjadi lebih buruk seiring berjalannya hari. Kadang-kadang, rasa sakit disertai dengan kaki bengkak dan kelelahan, dan seringkali gejala cukup mengganggu aktivitas normal.
  • Lipodermatosklerosis. – Perubahan kulit lain yang terkait dengan varises, lipodermatosklerosis menyebabkan kulit di sekitar varises Anda menjadi mengeras dan berubah warna akibat penumpukan jaringan parut.
  • Restless leg syndrome. – Gejala ini menyebabkan dorongan yang tak tertahankan untuk menggerakkan kaki Anda, dan itu terjadi ketika Anda sedang di tempat tidur mencoba untuk tidur.
  • Tromboflebitis superfisial. – Pembekuan darah yang dangkal ini terbentuk ketika area di sekitar vena mengalami cedera. mengakibatkan nyeri vena dan pembentukan gumpalan. Tanpa perawatan, gumpalan darah dapat berpindah ke vena yang lebih dalam dapat menyebabkan masalah serius.

Penyebab Varises.

Varises terjadi ketika vena tidak berfungsi dengan baik. Vena memiliki katup satu arah yang mencegah darah mengalir ke belakang. Ketika katup-katup ini gagal bekerja, darah mulai berkumpul di pembuluh darah dan tidak menuju ke jantung. Dan kemudian pembuluh darah akan membesar.

Selain itu, terdapat beberapa penyebab potensial untuk terkena varises termasuk :

  • Kehamilan.
  • Mati haid.
  • Usia di atas 50 tahun.
  • Berdiri untuk jangka waktu yang lama.
  • Kegemukan.
  • Riwayat keluarga varises.

Gejala Utama Varises.

Gejala utama dari varises sangat terlihat. Vena yang cacat, biasanya pada kaki Anda. Anda juga dapat mengalami nyeri, pembengkakan, berat, dan rasa sakit di atas atau di sekitar vena yang membesar.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengembangkan pembengkakan dan perubahan warna. Dalam kasus yang parah, vena dapat mengeluarkan darah secara signifikan dan terbentuknya bisul.

Ketika gejala mulai terasa dan muncul sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan supaya mendapatkan penanganan yang tepat agar terhindar dari kondisi yang berbahaya. Selain dengan melakukan perawatan medis Anda juga bisa menggunakan pengobatan alternatif dengan ramuan herbal. Selain ampuh, herbal juga aman tanpa efek samping apapun.

Berikut ini pilihan tanaman obat untuk varises yang alami, antara lain :

Blueberry.

Blueberry mengandung antioksidan kuat yang dikenal sebagai anthocyanoside yang mampu memperkuat dan melindungi pembuluh darah dan kapiler. Ini melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki struktur kolagen dari dinding vena yang membuat vena tetap kuat dan efisien.

Calendula.

Jika varises gatal, kering dan meradang. Maka obat alami varises dari calendula mampu meredakan gejala tersebut. Sifat anti-inflamasi dalam calendula menurunkan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit saat memulihkan kulit dan memperbaiki sirkulasi.

Cabai rawit.

Cabai rawit kaya akan vitamin C dan flavonoid yang membantu melindungi pembuluh darah dari radikal bebas. Juga mempromosikan pembentukan kolagen di dinding pembuluh darah untuk membantu menjaga tetap sehat dan elastis. Kandungan capsaicin cayenne memberikan sifat anti-inflamasi, analgesik dan pengencer darah yang ampuh yang dapat membantu mengurangi varises.

Pegagan.

Triterpenoid yang ditemukan di pegagan membantu memperkuat pembuluh darah dan vena serta membantu meningkatkan aliran darah dan integritas dinding pembuluh darah. Sebagai obat herbal varises Pegagan juga mampu mengurangi kebocoran vena, insufisiensi dan peradangan.

Ekstrak kulit pohon pinus.

Ekstrak kulit pohon pinus adalah obat varises paling ampuh. Ini mengandung banyak asam fenolik, flavonoid, dan proanthocyanidins yang memberikan sejumlah efek menguntungkan, seperti mengurangi peradangan dan varises. Ekstrak kulit pohon pinus juga meningkatkan sirkulasi dan mengembalikan elastisitas dan kekuatan dinding pembuluh darah sambil mengurangi kram kaki dan nyeri yang terkait dengan varises.

Witch hazel.

Kualitas astringennya membuatnya menjadi ramuan yang sangat baik untuk digunakan secara eksternal pada varises untuk mengencangkan, mengencangkan, dan mengecilkan vena yang terlihat. Tindakan ini membantu mengembalikan elastisitas alami vein. Obat tradisional varises ini juga mengandung asam galat dan minyak esensial yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan varises.

Minyak zaitun.

Menggunakan minyak esensial ampuh secara topikal akan membantu merangsang sirkulasi, memperkuat pembuluh darah dan memperkuat dinding dan katup vena. Serta mengurangi peradangan akibat dari varises. Hal ini tidak terlepas dari kandungan didalamnya, seperti :

  • Dekongestan vena – membantu mengencerkan darah dan memindahkan stagnasi.
  • Perangsang sirkulasi – meningkatkan sirkulasi.
  • Tindakan astringen – mengencangkan dan memperkuat dinding vena.
  • Anti-inflamasi – mengurangi peradangan.

Bawang putih.

Bawang putih Bawang putih sangat baik untuk mengurangi peradangan dan gejala varises. Bawang putih juga membantu memecah racun berbahaya di pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi. Selain itu, bawang putih ini memiliki manfaat untuk memecahkan protein pada tubuh serta mendistribusikan secara rata pada tubuh.

Jahe.

Ramuan ini kaya akan senyawa anti peradangan. Secara alami mengurangi rasa sakit dan munculnya varises. Jahe sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembentukan varises. Jahe bisa juga digunakan dengan campuran beberapa vitamin dan ditempelkan pada permukaan kulit yang terkena varises.

Echinacea.

Ramuan ini terkenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga merupakan solusi yang bagus untuk varises. Obat varises ini juga efektif mengurangi peradangan dan bertindak sebagai analgesik untuk rasa sakit yang terkait dengan varises.

Itulah pilihan tanaman herbal yang dapat Anda jadikan sebagai obat alami varises paling ampuh. Semoga bermanfaat.

Sumber :

www.holistichealthherbalist.com/best-herbal-remedies-varicose-veins/
www.glovesinabottle.com/blog/8-home-remedies-for-varicose-veins-you-may-not-have-heard-of.html

Post by Tanaman Obat Herbal

10 Tanaman Herbal Untuk Mengobati Varises Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *